Vaksin Bisa Jadi Senjata Pemulihan Ekonomi

Posted on

Masuknya vaksin COVID-19 ke Indonesia dikehendaki mempercepat pemulihan perekonomian yang gontai dihantam Corona. Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono Moegiarso menjelaskan vaksin dapat memberikan stimulus positif untuk mendorong aktivas perekonomian supaya normal lagi.

“Vaksin ini bagi kami di sisi ekonomi menjadi game changer, ini sungguh-sungguh kami harapkan menjadi momenutum pemulihan ekonomi kembali, Pak Jokowi sangat concern, kami berjuang untuk memperoleh vaksin ini. Pengiriman pertama sudah singgah tersedia di Bio Farma, kami tunggu dari Badan POM untuk izin emergency use authorization (izin pemanfaatan darurat), kemudian melaksanakan penyuntikan,” ujar Susiwijono di Hotel Pullman, Kota Bandung, Senin (7/12).

Seperti diketahui, 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 dari Sinovac sudah mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (6/12) malam. Jutaan dosis vaksin itu, disimpan di dalam 7 envirotainer yang diangkut mengfungsikan tiga truk dan tiba di Bio Farma kurang lebih pukul 03.45 WIB

Susiwijono mengatakan, pemerintah memperoleh vaksin dari Sinovac sebanyak 3 juta dosis dan 15 juta dosis di dalam wujud bahan baku (bulk). Rencananya, sisa 1,8 juta vaksin dari Sinovac dapat tiba di Indonesia pekan depan.

“Ini anggota dari rencana panjang pemerintah, th. 2021 dapat lebih banyak lagi. Pak Presiden menyampaikan, ini komitmen pemerintah di dalam memprioritaskan keselamatan rakyat kami itu yang pertama, di dalam konteks ekonomi vaksin ini menjadi game changer untuk membuat perubahan semuanya, untuk perbaikan semuanya, kami mengandalkan vaksin ini karena tanpa tersedia rasa aman dari masyarakat, sebaik apa-pun program ekonomi yang kami buat tidak dapat optimal,” katanya.

“Saya ambil perumpamaan perumpamaan kami membuat insentif untuk wisata, kalau cuma berkhayal dari sisi supply-nya, kami kasih perlindungan untuk wisata supaya dikasih discount dan sebagainya, kalau penduduk belum jadi aman tidak dapat optimal, karena itu vaksin ini segalanya, juga bagi aktivitas ekonomi, dunia bisnis karena bersama vaksin dapat membangun rasa aman, penduduk dapat beraktivitas sosial dan ekonomi ulang (secara normal),” katanya.