Persiapkan Resolusi Finansial Kamu Buat Tahun Baru

Posted on

Jelang pengujung th. merupakan sementara yang tepat untuk mengevaluasi keadaan finansial atau kekayaan tempat tinggal tangga. Di awal th. th. 2020, Anda bisa saja telah menyusun resolusi keuangan yang ambisius.

Namun, pandemi Covid-19 memaksa Anda merubah konsep yang telah dibuat. Sekarang, mari kita menyusun kembali langkah investasi yang lebih sesuai untuk dijalankan di th. depan.

Berikut tips mengelola keuangan 2021 berasal dari Freddy Tedja, Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI).

1. Melihat arus kas

Di th. 2020, pandemi datang begitu mendadak dan memberi efek yang bermacam-macam, baik sosial dan finansial, bagi tiap-tiap orang. Namun satu perihal yang serupa yang menghimpun kita adalah kita baru pertama kali mengalaminya, studi untuk bersama menghadapinya. Belajar berasal dari pengalaman di th. 2020, Anda perlu terlampau memperhatikan arus kas dan pos-pos pengeluaran.

Apa yang berubah? Mana yang meningkat, mana yang bisa dihemat? Di th. 2020, anggaran transportasi boleh jadi mengalami penurunan drastis. Demikian juga anggaran gaya hidup, seperti berlibur, bersantai di kafe, maupun belanja tas dan sepatu bermerek.

Di sisi lain, tersedia peningkatan berarti terhadap anggaran tempat tinggal tangga (listrik dan internet), juga anggaran kebugaran (pembelian vitamin, masker, hand sanitizer). Perubahan pola ini menyebabkan arus kas Anda di th. 2020 jadi jauh berlainan bersama tahun-tahun sebelumnya, dan Anda perlu sigap berakrobat lakukan penyesuaian yang perlu.

Jika Anda bisa mengidentifikasi dan melakukannya bersama cepat, selamat! Namun jikalau Anda tetap bingung mengidentifikasi pendapatan dan pengeluaran, pandemi ini menyadarkan kita seluruh untuk segera jadi memperhatikan arus kas, yang merupakan fondasi berasal dari perencanaan keuangan.

2. Kesuksesan resolusi keuangan: Faktor eksternal dan internal

Ada dua faktor yang bisa mempengaruhi tercapainya resolusi keuangan seseorang, yaitu faktor internal dan eksternal. Pandemi merupakan faktor eksternal, sementara resolusi keuangan yang mencukupi kaidah spesifik, terukur, realistis (STR) adalah faktor internal yang seluruhnya dalam kendali Anda.

Jika sampai sementara ini Anda tetap menerima gaji secara penuh dan tepat waktu, maka seharusnya ini tidak jadi penghalang. Namun, seringnya kegagalan pencapaian resolusi keuangan adalah karena ketidakdisiplinan atau rendahnya prinsip untuk meraih resolusi tersebut.

Memasuki th. 2021 dimana pandemi tetap jadi faktor eksternal yang tidak bisa dipastikan kondisinya, setidaknya Anda perlu lebih telaten dalam faktor internal resolusi keuangan yang bisa Anda kendalikan sendiri.

3. Fokus menaikkan dana darurat

Dengan kesimpulan faktor eksternal yaitu pandemi belum memperlihatkan tanda-tanda dapat segera usai, tersedia perihal tertentu yang perlu dipastikan di th. 2021, yaitu kecukupan dana darurat. Selalu sisihkan sebagian berasal dari pendapatan Anda untuk isi pos dana darurat lebih besar berasal dari biasanya. Dalam keadaan seperti sementara ini, idealnya Anda buat persiapan 6-12 kali berasal dari pengeluaran bulanan.

Tentu saja Anda meminta dana darurat ini tidak dapat dulu sampai perlu digunakan. Apakah berarti akumulasi dana darurat dapat sia-sia? Tidak, setelah periode ketidakpastian ini selesai, kelebihan dana darurat bisa dialihkan ke pos investasi.

4. Tempatkan di investasi yang tepat

Ada bervariasi investasi yang bisa dipilih untuk menempatkan dana Anda di th. 2021. Reksadana pasar duit tetap jadi pilihan yang baik karena sifatnya yang likuid, punyai tingkat risiko yang rendah, dan potensi imbal hasil yang menarik.

Untuk diversifikasi, reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham bisa Anda lirik untuk th. 2021. Secara lazim tren penurunan suku bunga dapat menaikkan appetite atau minat bagi investor untuk melacak yield alias imbal hasil lebih. Oleh karena itu, appetite terhadap reksadana, khususnya reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham bisa meningkat. Apalagi tren suku bunga rendah diperkirakan tetap dapat tetap bertahan dalam keadaan ekonomi sementara ini.

Kondisi pasar terburuk sebenarnya diproyeksikan telah terjadi di th. 2020 ini, dan keadaan th. 2021 diperkirakan setidaknya dapat lebih baik.

Namun ingat, bukan berarti pandemi telah usai, dan Anda tetap perlu lakukan evaluasi atas portofolio Anda jadi tiga bulan sekali dalam keadaan seperti ini. Akan terlampau ideal untuk merubah langkah keuangan Anda jikalau tersedia penyimpangan. Namun tetap, telaten dan prinsip perlu tetap dipertahankan.