Penjelasan Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan

Posted on

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan seluruh umat muslim. Ibadah puasa di bulan Ramadhan bisa melatih seseorang agar meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Yuk simak berikut ini penjelasan beberapa keutamaan bulan ramadhan.

Penjelasan Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan

  1. Setan diikat

Salah satu keutamaan bulan ramadhan yang hampir kita semua tahu adalah setan setan yang diikat. Jadi ibadah umat islam ketika bulan Ramadhan bisa berjalan dengan lancar. Karena setan tidak bisa menyesatkan umat muslim selama bulan Ramadhan. Imam Ahmad yang meriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Umatku diberikan lima perkara di bulan Ramadhan yang belum pernah diberikan kepada umat sebelumnya: mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah SWT dari pada minyak kesturi, malaikat memintakan ampunan terhadap mereka sampai berbuka, setiap hari Allah SWT menghiasi surga-Nya dan berfirman: sudah dekat hamba hamba Ku yang beriman meninggalkan beban dan berpulang kepada Ku, setan setan dibelenggu jadi mereka tidak dapat mencapai apa yang dapat mereka capai di bulan yang lain, dan Allah SWT mengampuni mereka di akhir malam. Ada yang bertanya: ya Rasulullah, apakah itu di saat lailatul qadar? Beliau menjawab: Bukan, akan tetapi orang yang beramal hanya disempurnakan pahalanya apabila menyelesaikan amalnya”.

  1. 10 hari terakhir di bulan ramadhan

Sebenarnya keutamaan dari bulan ramadhan itu banyak sekali dan mempunyai peranan masing masing. Keutamaan itu sudah dikatakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi berikut: “Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka.” Sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan amatlah disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersungguh-sungguh di 10 terakhir di bulan Ramadhan lebih dari pada bersungguh-sungguhnya beliau di hari-hari lainnya.” (HR. Muslim dan Ahmad).

Juga Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari sahabat ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwasannya “dahulu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila telah masuk 10 terakhir beliau mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malam-malamnya dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari dan Muslim).  Arti dari perkataan ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwasannya beliau “mengencangkan ikat pinggangnya” yakni beliau bersungguh-sungguh ketika beribadah dan menjauhi istri-istrinya. Beliau tidak berhubungan badan dengan mereka di malam malam sepuluh terakhir dan sibuk bermunajat terhadap Allah SWT.

  1. Amalan yang dilipat gandakan

Di bulan ramadhan setiap amalan yang dilakukan pasti bisa memiliki pahala besar. Ibadah yang kita jalankan nilai dan pahalanya bisa dilipatgandakan. Ada banyak ibadah yang dapat kamu lakukan di bulan Ramadhan ini, seperti solat tarawih, hingga memberi makan berbuka pada orang berpuasa. Maka dari itu manfaatkan bulan Ramadhan melalui memperbanyak amal kebaikan.

  1. Terdapat orang yang dibebaskan dari siksa neraka

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan yang jarang orang tahu yakni adanya pembebasan umat yang hampir masuk neraka. Ini sesuai dengan arti dari dalil hadis sebagai berikut: “Pada setiap (waktu) berbuka, Allah ada orang-orang yang dibebaskan (dari siksa api neraka)”. (HR. Ahmad)

Juga ketika bulan ramadhan pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup t. Maka dari itu Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya agar masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang dilakukan di bulan Ramadhan. Salah satu keutamaan bulan ramadhan juga yakni dikabulkannya doa doa yang kamu panjatkan.