Kunci Cuan Saat Investasi Saham, Perbanyak Baca Adalah Kuncinya

Posted on

Salah satu cara mengatur pengelolaan uang yang baik adalah dengan mengalokasikannya dengan cara membangun usaha atau berinvestasi saham.

Tetapi, buat kamu yang mengidamkan beberapa uangnya untuk belanja saham, sebaiknya perbanyak literasi terlebih dahulu.

“Pasar modal ini wajib paham. Jadi yang untuk investasinya, literasinya akan kita dorong lebih pernah baru inklusinya,” kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara didalam konferensi pers secara virtual, Selasa (7/12/2020).

Menurutnya, orang-orang yang sukses bermain saham di pasar modal, mereka adalah sosok yang rajin membaca. Dengan begitu, mereka akan detail dalam memilih saham yang akan dibelinya.

“Jadi jikalau berkenan beli saham, wajib paham. Jangan hingga customer yang tidak paham, gara-gara kondisi pandemi mereka butuh uang butuh likuiditas sahamnya di-redeem, kok harganya jatuh. Kalau tidak sadar tambah mampu turunkan kepercayaan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, terhadap pasar modal pun terkandung sistem pendanaan. Salah satu contohnya layaknya fasilitas urun dana atau crowdfunding, yang mampu menjadi opsi bagi pelaku bisnis kecil dan menengah mendapatkan modal.

“Dari sisi funding kita sudah dorong dulu, apalagi di level provinsi kita sudah sosialisasikan obligasi daerah. Tapi untuk investasi ini, wajib hati-hati, wajib sadar dulu. Bahkan aku sarankan jikalau untuk investasi yang di pasar modal entah saham, reksadana, atau dia beli product pasar modal yang lain, ini wajib hati-hati gara-gara sesungguhnya wajib sadar pernah supaya nanti customer tidak mulai dirugikan tidak dijelaskan dan sebagainya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *