Klarifikasi Pemkot Terkait Warga Depok yang Makan Tepung Goreng karena Kesulitan Finansial

Posted on

Ilma Ferzia Handayani (22) dan keluarganya sempat menyita perhatian warganet sebab kisahnya bertahan di dalam ada problem finansial di tengah pandemi Covid-19 viral di fasilitas sosial.

Terpaksa cuma mengonsumsi olahan tepung goreng untuk santapan sehari-hari, Ilma geram dengan kabar bahwa bansos Covid-19 jadi menjadi bancakan oleh eks Menteri Sosial Juliari Batubara dan gerombolannya.

“Itu parah, sih. Pantas saja yang mendapat bansos tidak merata. Warga yang tinggal di kontrakan layaknya saya ini yang tak bisa bantuan,” ungkap Ilma saat ditemui di kediamannya di Jalan Salam Persatuan, Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Rabu (9/12/2020) .

Merespons viralnya kabar itu, Dinas Sosial Kota Depok menelusuri alamat Ilma dan melakukan pengecekan.

Dari pengecekan, diketahui bahwa Ilma dan keluarga menyandarkan nafkah pada suaminya yang bekerja sebagai ojek online.

“Jadi udah seminggu keluarga Irma mengonsumsi olahan tepung,” ujar Usman kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

“Sebenarnya Irma udah bisa bangub (bantuan gubernur) dan pertolongan berasal dari lumbung pangan (tingkat RW),” tambahnya.

Namun, Usman bilang bahwa bangub itu di terima Ilma dua kali. Padahal, pandemi Covid-19 udah sembilan bulan terjadi dan menjepit ekonomi keluarga itu.

Kemudian, Usman menyebutkan, pihaknya menyalurkan pertolongan beras dan susu untuk setidaknya meringankan beban Ilma dan keluarga.

Di sisi lain, ia mengimbau warga Depok yang tetap ada problem bahan pangan supaya menghubungi pengurus lingkungan dan kelurahan supaya bisa tercatat sebagai penerima bantuan. “Nantinya akan dicek. Kalau memang butuh dan pas sasaran, akan diberikan,” ujar Usman.