Billy Martono Bagi Tips Bisnis Sukses Saat Pandemi

Posted on

Pandemi Covid-19 kudu dihadapi bersama optimisme. Itulah keliru satu kunci kesuksesan Billy M Martono selaku pebisnis muda Banten yang mengungkapkan upaya bertahan usahanya di tengah keadaan kala ini.

“Kalau menurut saya, kami tidak bisa berlarut larut di dalam keterpurukan gara-gara kehidupan terjadi terus. Ketika kami mengalami keterpurukan itu, jadikan itu sebagai pembelajaran sehingga kami menjadi lebih baik lagi.”

“Kalau berbicara mindset di tengah pandemi, menurut aku pandemi itu bakal berakhir gara-gara ini kami dihadapkan terhadap keadaan dan kondisi. Oleh gara-gara itu kami kudu punya mindset keadaan kala ini cuman keadaan dan kami kudu fokus terhadap hal-hal apa saja yang bisa kami persiapkan di pandemi ini sehingga kami siap dan tidak menyerah kepada keadaan.

Karena kalau kami pasrah bersama keadaan berarti kami hanya mencari alasan yang mengakibatkan kami tidak produktif. Ya, kala seperti ini kami kudu punya mindset yang positif, bersama langkah menyaksikan peluang apa yang bisa kami lakukan atau bisnis apa yang bisa dikerjakan di keadaan pandemi ini. Bisa dibilang kami menjadi orang yang bisa membaca peluang.”

Bagaimana upaya Billy Martono hadapi pandemi?

“Saat ini aku punya bisnis sektor F&B di mana pengunjung tidak bisa dine-in di cafe atau resto saya, aku meresponnya bersama memperkuat sarana order online untuk produk F&B aku bekerjasama bersama ojek daring.

Disamping itu, aku juga mulai membuka peluang bisnis baru di sektor healthcare yaitu penjualan suplemen untuk menaikkan imunitas tubuh dan masker di kala pandemi. Sehingga sebagai entrepreneur, kami tanggap dan fokus terhadap apa yang diperlukan masyarakat kala ini”.

“Jujur kala awal pandemi, aku sebagai pebisnis hadapi ada masalah bagaimana merespon ketetapan pemerintah yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, ternyata masih tersedia jalur bagi aku untuk berusaha yang terpaksa lakukan sarana F&B secara online.

Kemudian, kala awal pandemi, aku memastikan merambah sektor kesegaran masyarakat bersama sediakan 50 ribu masker. Dan aku lakukan apa-pun untuk merespon apa yang diperlukan masyarakat kala ini asalkan keperluan masyarakat terpenuhi dan bisnis aku bisa terjadi tanpa kudu berusaha menggoreng harga”.

Menghadapi keadaan pandemi ini, Billy juga utamakan terhadap pentingnya pebisnis muda untuk berkolaborasi bersama asosiasi atau pelaku bisnis lain yang satu visi dan misi, saling melengkapi sehingga bisa mewujudkan keperluan masyarakat. Ibarat membangun sebuah permukiman yang nyaman di mana banyak pelaku bisnis yang bekerjasama untuk mewujudkannya.

Di tahun depan, Billy sudah mempersiapkan peluang bisnis baru sebagai hasil pembelajaran dari sektor – sektor yang sempat jatuh di tengah pandemi. Billy juga optimis sektor bisnis kembali bangkit gara-gara pemerintah sudah mewujudkan pengadaan vaksin akhir tahun ini. Sehingga mulai kala ini ia sudah berinvestasi di platform digital dan siasat menaikkan produktivitas di sektor F&B.

Billy Martono yang punya prinsip menjadi berkat bagi sesama ini senantiasa aktif di Banten Young Entreprenuer. Ia yang senantiasa memposisikan diri tidak di zona nyaman, yakin bahwa saling share pengetahuan wirausaha dan saling bersinergi bersama banyak orang bisa memberikan kegunaan bagi orang lain juga membuka kerja mirip sebuah bisnis.

Ia sudah mempersiapkan sejumlah aktivitas Banten Young Entrepreneur di tahun depan sehingga lebih menaikkan energi saing di sektor regional dan nasional. Hal ini juga sebagai respon dari program pemerintah atas UU Cipta Kerja yang berusaha melahirkan pengusaha-pengusaha muda baru.