Bank Syariah Berpotensi Meningkat di Tahun 2021

Posted on

Ekonomi syariah lebih-lebih perbankan syariah dipercayai dapat tetap tumbuh positif di sepanjang 2021. Ada sejumlah indikator yang dapat beri tambahan motivasi sehingga perbankan syariah tetap tumbuh yang keliru satunya ada aksi korporasi besar berwujud penggabungan bank syariah nasional.

“Likuiditas dan lebih dari satu indikator, katakanlah, aset tetap potensial (untuk industri perbankan syariah tumbuh). Apalagi th. ini kita memandang ada penggabungan (bank syariah nasional). Ini pendorong ekspansi (untuk perbankan syariah) di 2021,” kata Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad, di dalam Customer & Media Gathering CIMB Niaga Syariah, Senin, 7 Desember 2020.

Namun tantangannya, Tauhid menjelaskan, ialah bagaimana pelaku perbankan syariah menangkap kesempatan di sedang sistem pemulihan ekonomi yang tidak mudah usai terhantam pandemi covid-19. Potensi yang ada kudu dapat ditangkap secermat bisa saja sehingga menjadi pendorong pertumbuhan bisnis perbankan syariah.

“Sekarang pemerintah banyak beri tambahan pemberian seperti restrukturisasi, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan pemberian pemerintah yang dapat meningkatkan dana di masyarakat. Tapi ke depan tentu dapat berkurang dan pada sementara itu bank syariah punyai potensi pasar yang besar,” tuturnya.

Sedangkan menurut Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara beri tambahan di sepanjang 2020 ini bisnis CIMB Niaga Syariah turut mengalami tekanan bersamaan dengan ada pandemi covid-19. Namun, tidak semua lini bisnis mengalami penurunan.

“Kalau dari segi konsumer tetap tumbuh. Memang tumbuhnya tidak sebesar dibandingkan dengan pertumbuhan yang terjadi sepanjang 2019. Tapi tetap tumbuh. Kalau berbicara konsumer kita dapat berbicara KPR. KPR tetap tumbuh. Di kuartal keempat th. ini yang cukup baik adalah pertumbuhan KPR atau konsumer,” jelas Pandji.

Sedangkan di 2021, tetap kata Pandji, CIMB Niaga Syariah dapat tetap fokus melindungi aset tetap berkualitas fungsi mendukung laju bisnis. Kemudian, Pandji menambahkan, CIMB Niaga Syariah menargetkan laju bisnis dapat tumbuh 10 % di sepanjang th. depan.

“Kita sekurang-kurangnya tumbuh 10 % di 2021, baik liabilitas maupun aset. Fokusnya adalah bagaimana melindungi yang namanya aset-aset tetap berkualitas yang menjadi keliru satu tugas utama kami,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *